Minggu, 09 Agustus 2009

Kehidupan Takur Ungkut-ungkut


Takur Ungkut-ungkut / Coppersmith barbet (Megalaima haemacephala) merupakan burung berukuran sedang dengan tubuh berwarna hijau, kepala berwarna merah, dan dadanya yang bergaris-garis. Burung ini menyukai makanan berupa buah-buahan, salah satu buah favoritnya adalah buah dari pohon beringin. Tak hanya Takur saja yang menyukainya, tetapi beberapa jenis burung yang lainpun juga menyukai buah ini, beberapa jenis diantaranya adalah Kutilang (Pycnonotus aurigaster), Punai gading (Treron vernans), dan Perling Kumbang (Aplonis panayensis). Burung-burung ini sering terlihat makan bersama dalam satu pohon.

Takur ungkut-ungkut merupakan burung yang mempunyai paruh sangat kokoh seperti layaknya burung pelatuk dan kebiasaannyapun sangat mirip dengan burung pelatuk. Burung ini sering kali terlihat sedang mematuki batang pohon yang sudah mati.
Ternyata takur ungkut-ungkut ini mematuki batang pohon yang sudah mati dengan alasan untuk membuat lubang yang akan dijadikan sebagai sarang.

2 komentar:

  1. Permisi....

    Ini hasil pengamatan dimana??Hari apa??Brapa hari??Pake kamera apa??Apa cuma di satu pohon itu2 aja..Tp diamatin berapa hari..atau di pohon sejenis tapi bukan cuma satu pohon??

    Take picturenya lumayan bgs kok..^^

    BalasHapus
  2. Ini hasil pengamatan di Monas, berhasil di amati di beberapa pohon. Foto yang kedua dan ketiga difoto di pohon yang sama dan jenis yang sama. Kalau foto yang pertama dan keempat di pohon yang berbeda jenis.
    Oh iya burung ini juga teramati sudah mempunyai sarang tetap, tetapi fotonya belum bisa kita dapat.

    BalasHapus