Minggu, 19 Juli 2009

Dari Tanimbar nyasar ke Jakarta

Mungkin bingung apa maksudnya "Dari Tanimbar nyasar ke Jakarta". Ini terjadi pada satu jenis burung yang berasal dari Tanimbar, yang ditemukan tinggal di Indonesia (tepatnya jakarta). Burung ini adalah jenis Kakatua Tanimbar / Tanimbar Corella (Cacatua goffini) atau dikenal dengan nama Kakatua Goffini. Burung ini merupakan burung endemik dari Tanimbar, yang artinya hanya ada di Tanimbar saja. Namun karena eksploitasi satwa yang tidak terhentikan, maka banyak dari mereka yang tertangkap oleh para pemburu, sehingga jumlah mereka terus menurun dan menurun. Burung ini ditangkap oleh pemburu untuk di ekspor ke luar negeri ataupun di jual di dalam negara. Tak heran kita dapat menjumpai burung kakatua ini di pasar-pasar burung.
Bagaimana dengan burung-burung kakatua yang terbang bebas di kota Jakarta?Apakah mereka burung kakatua liar yang terbang menyeberangi pulau?
Mungkin banyak yang bertanya demikian. Sebagian besar burung kakatua yang terbang di Jakarta adalah burung kakatua yang lepas dari kebun binatang atau tidak merupakan burung peliharaan yang lepas / dilepas, sehingga mereka berkembang biak dan menjadi banyak jumlahnya.
Salah satu tempat di jakarta yang menjadi tempat berkembang biak jenis kakatua tanimbar adalah Ancol. Tempat ini terletak di jakarta utara, lebih di kenal dengan nama Taman Impian Jaya Ancol. Disini TIM Jakarta birder berhasil menemukan satu pohon yang menjadi sarang bagi sepasang Kakatua Tanimbar.














Burung ini pertama kali di lihat 1 ekor sedang teriak-teriak sambil menaikkan jambul putihnya yang kecil. Tak lama kemudian satu ekor kakatua lain datang menghampirinya dan mereka tampak akrab. Dan setelah saling menyapa satu diantara mereka masuk kedalam lubang pada pohon tempat mereka bertengger disusul oleh satunya. Dan mereka berdua pun tak kunjung tampak lagi.
Mungkin pohon ini merupakan sarang untuk mereka berdua, yahh..semoga saja tangan-tangan jahat manusia tidak mengganggu kenyamanan mereka berdua.




3 komentar:

  1. wah bisa jadi ntar semua jenis burung luar jawa ada di Jakarta donk. yuk rame2 nglepas burung, punya sapa aja, penjual burung, kebun binatang, dan tetangga kalo perlu hehehee...
    salam kenal kawan2 Jakarta. ijin masang link kawan2 di Blog saya.

    BalasHapus
  2. Ayoooo....Kita lepasin semua burung yang di kandangin!!!

    Oh iya salah nih...
    Bukan Dari Tanimbar ke Indonesia..Tapi dari Tanimbar nyasar ke Jakarta...Hehehehe..

    BalasHapus
  3. Wah, jakarta pusatnya burung2 lepasan....

    BalasHapus