Selasa, 27 Oktober 2009

Pasangan Baru di Monas


Keberadaan alap-alap sapi di kota Jakarta, ternyata dapat dibilang cukup banyak, karena menurut hasil survey, TIM Jakarta Birder sudah menemukan 3 pasang Alap-alap Sapi di 3 daerah kota jakarta.
Kali ini merupakan perjumpaan dengan Alap-alap Sapi pertama kali di Monas, Jakarta Pusat. Pasangan ini pertama kali terlihat sedang asyik soaring berduaan.


Tetapi 5 menit kemudian suasana berubah dengan kedatangan 5ekor Kekep Babi. Burung berukuran kecil ini terlihat sedang terbang bersama-sama, dan ketika mereka sudah dekat dengan pasangan tersebut, mereka langsung melakukan penyerangan secara bergantian. Tak heran pasangan Alap-alap Sapi ini terpaksa menyingkir, karena merasa terusik dengan kedatangan 5ekor Kekep Babi tersebut. Pertempuran ini sempat berlangsung selama 10 menit, dan setelah itu pasangan Alap-alap Sapi tersbut langsung meluncur jauh untuk mencari tempat yang lebih aman.
Langitpun kemudian terlihat sepi kembali. Kira-kira pada pukul 17.00 ketika TIM Jakarta Birder mengakhiri pengamatan di Monas, satu ekor Alap-alap Sapi terlihat meukik sangat cepat dan kemudian burung tersebut terbang naik kembali, dan burung tersebut akhirnya terbang menjauh.


INFO:
Ini merupakan perjumpaan pertama kali dan keesokan harinya ketika TIM Jakarta Birder melakukan pengamatan kembali di Monas, Alap-alap Sapi tersebut hanya tampak 1 individu saja.

4 komentar:

  1. wah, asik juga ya...
    walau Jakarta dipenuhi tiang-tiang beton, masih bisa menyaksikan pasangan mengagumkan itu, salut kawan.....
    mudah-mudahan masih bisa terus disaksikan sampai nanti anak cucu kita....

    BalasHapus
  2. Taxonomy: Cade(1982) considered this species to be very closely related to and possibly conspecific with the Nankeen Kestrel (Falco cenchroides). (from globalraptors.org)

    Asyik!

    BalasHapus
  3. Kalo bisa sih menyaksikan alap2 kawah/peregrine falcon, lebih seru pasti❗

    BalasHapus