Selasa, 01 September 2009

Birding in Muara Angke 30 Agustus 2009

Rencana untuk pengamatan burung di Kawasan Taman Wisata Angke (TWA) gagal, karena di kawasan tersebut sedang ada kontroversi warga, dan untuk menjaga keamanan, maka tempat ini tidak di buka untuk umum sementara waktu ini. Kita pun akhirnya melakukan pengamatan di kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) yang tidak jauh dari Taman Wisata Angke (TWA). Karena kita belum membuat SIMAKSI ,sesampai disana kita langsung mencari petugas yang menjaga tempat ini dan melapor bahwa kita ingin melakukan pengamatan burung kurang lebih 1-2jam saja. Akhirnya petugaspun memberikan ijin masuk kawasan. Baru beberapa meter jalan, kita disambut dengan suara dari Perenjak Jawa yang sangat ribut, disusul dengan mendaratnya seekor Cabai Jawa (Jantan) dengan warna merah yang mecolok.

Setelah itu kitapun melanjutkan pengamatan.
Sesampai di daerah alang-alang, kita menjumpai seekor Burung Raja Udang Biru yang sedang berjemur di atas jembatan yang kami lalui. Burung ini tampak tidak takut dengan kehadiran kita bertiga (Khaleb, Boas dan Andi). Tetapi karena waktu kita hanya sebentar, kitapun melanjutkan pengamatan dan Raja Udang Biru yang kecil itupun terbang menjauh.



Tidak lama kemudian salah satu TIM Jakarta Birder (Andi) melihat ada sesuatu yang bergerak diatas tumpukan eceng gondok yang sudah mati. Ternyata itu adalah seekor burung tikusan alis putih atau dalam nama inggrisnya White-browed Crake.
Ini pertama kalinya kita berjumpa dengan tikusan ini di Suaka Margasatwa Muara Angke.


Setelah berjumpa dengan tikusan alis putih, tidak lama tiba-tiba kawanan Pecuk Ular-asia terbang bersama-sama melewati atas kita. Dan tampak bayangan yang besar telah melintas tepat diatas kepala kami.


Setelah asyik menikmati keindahan di Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) kami meninggalkan tempat yang indah ini, dan sebelumnya kami menyempatkan diri untuk foto-foto di lokasi.



Salam..
Jakarta Birder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar