Senin, 21 September 2009

Perjumpaan pertama kali dengan Alap-alap Sapi di Kebun Binatang Ragunan

Pagi yang cerah di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan sangatlah indah dengan dihiasi berbagai suara burung dari jenis yang berbeda. Saat itu TIM Jakarta Birder sedang menunggu 2 orang yang bernama Panji Gusti Akbar (KIBC) dan Mas Ady Kristanto (Jakarta Green Monster) yang ingin sama-sama melakukan pengamatan di Kebun Binatang Ragunan. Ketika sedang menunggu kami melihat ada seekor burung dengan cara terbang yang sangat khas, ternyata tidak hanya seekor melainkan ada dua ekor. Ternyata itu adalah sepasang Alap-alap sapi (Falco moluccensis) yang sedang asyik kejar-kejaran. Tidak lama ketika sedang mengamati sepasang alap-alap sapi Panjipun datang, dan sayangnya pasangan alap-alap sapi tersebut sudah menghilang. Tidak lama ketika kami sedang ngobrol-ngobrol seekor alap-alap sapi dari arah yang berbeda menunjukkan dirinya dengan terbang kearah kami.


Setelah disambut oleh ketiga Alap-alap Sapi tersebut, kamipun melanjutkan pengamatan burung. Setelah beberapa kurang lebih 3-4 jam kemudian, Mas Ady berpamitan kepada kami, karena dia ada tugas di kantornya, dan kami pun berpisah dengannya. Setelah itu kami melanjutkan pengamatan burung di dalam Pusat Primata Schmutzer. Dan setelah selesai pengamatan di dalam Schmutzer, kamipun berpisah dengan Panji, karena ia ingin bertemu dengan temannya di dalam Schmutzer. Tetapi ketika baru berjalan beberapa meter dari pintu keluar Schmutzer, Panji juga ikut keluar dari Schmutzer. Ternyata ia menunda pertemuan dengan temannya, karena temannya sedang tidak ada di tempat, dan kamipun berjalan menuju pintu keluar bersama-sama.
Di tengah-tengah perjalanan, salah satu TIM Jakarta Birder mendengar ada suara yang sudah tidak asing lagi (suara dari seekor Alap-alap Sapi). Suara itu terdengar tidak jauh dari tempat kita berhenti.
Dan kitapun memutuskan untuk menunggu beberapa menit. Ternyata benar, tidak lama kemudian kita melihat ada seekor Sikep Madu Asia diikuti dengan seekor Alap-alap sapi dibelakangnya. Ternyata tampak Alap-alap Sapi tersebut menyerang Sikep Madu Asia tersebut, dan ia pun terbang menjauh. Beberapa menit kemudian kita melihat seekor Sikep Madu Asia terbang di arah yang berbeda, dan kitapun mengejar ke arah Sikep Madu Asia tersebut terbang. Tidak lama kemudian, kita mendengar suara yang sama yang di hasilkan oleh Alap-alap Sapi. Lalu kami pun mencoba mendegar arah suara tersebut.

Dan akhirnya tampak seekor Alap-alap Sapi betina sedang bersuara di atas Tower sambil memandang ke segala arah. Si betina ini tampak bersuara berkali-kali, seperti membunyikan tanda bahaya. Tidak lama kemudian seekor Alap-alap Sapi jantan terbang menghampirinya, tetapi ia tampak tidak mendarat diatas tower, melainkan terbang kembali ke dalam hutan. Pemandangan spektakuler ini tampak sangatlah luar biasa, karena sebelumnya kami belum pernah melihat Alap-alap sapi yang menyerang Sikep Madu Asia.









Dan Rencana TIM Jakarta Birder adalah melakukan pemantauan terhadap Alap-alap Sapi di Kebun Binatang Ragunan, dan mencoba mencari tahu "Apakah pasangan ini sedang Breeding??".

Salam....
Jakarta Birder..

2 komentar:

  1. Wah.. alap-alap sapinya cool!!!! kemarin Q ke ragunan lagi tapi mereka nggak kelihatan lagi, mungkin kerena saya kurang teliti... keren abis Khal fotonya!!!

    BalasHapus
  2. Wahhh...
    Berarti kita harus cek terus nih.
    Harus rutin.

    Thanks..
    Sayang fotonya agk pecah-pecah ya??
    Hahaha..

    BalasHapus